Thursday, January 17, 2013

sejuta cerita di cikuray

trek awal cikuray tahun 2010
Cikuray adalah gunung yang terletak didaerah garut jawa barat, dengan ketinggian 2821 mdpl gunung ini memiliki stuktur medan yang lumayan asik, mirip mirip gunung ciremei menurut gw.Dan merupakan gunung tertinggi keempat di jawa barat setelah gunung gede ,Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung,
Karena letaknya paling tinggi di kabupaten Garut, kaki gunung Cikuray dipakai untuk stasiun pemancar TV swasta dan TVRI,Gunung Cikurai mempunyai kawasan hutan Dipterokarp bukit,hutan Dipterokarp atas,hutan Montane dan hutan Ericaceous,tenang...tenang, gw juga masih meraba raba definisi hutan hutan tersebut.. ( sambil garuk garuk kepala ) oia kali ini gw menggabungkan antara pendakian ke cikurai pertama dan kedua ,yaitu pendakian di tahun 2010 dan 2011
perjalanan menuju kesana bisa ditempuh dengan kendaraan umum,dari terminal garut biasanya para pendaki mencarter mobil bak terbuka untuk sampai ke pemancar dikaki gunung cikuray,


cikuray 2011

yang paling gw suka adalah saat awal mendaki, kita masih akan di suguhkan hijau dan asri nya perkebunan teh warga yang terhampar luas di kaki gunung tersebut,romantis apalagi dikala kabut turun menyelimuti,menambah kesyahduan atmosphere saat itu.
karena sudah lama ga berjalan jauh apalagi menanjak,perjalanan awal gw rasakan sangat kewalahan,nafas pun seolah berburu dengan setiap langkah gw,tetapi keindahan alam cikurai seolah menghipnosis gw untuk tanpa jemu melangkah.
digunung cikuray  tidak terdapat pos pos seperti kebanyakan gunung gunung lainnya.tetapi di gunung ini masih terdapat tumbuhan nephentes atau kantung semar,walau keberadaan nya jauh ditas jurang yang menganga,dan gw hanya sempat mengambil gambar nya dari jarak yang jauh padahal pingin banget gw mengamati lebih dekat lagi..minimal sudah mengobati rasa penasaran gw akan tumbuhan langka itu,tak lupa bunga angrrek liar yang hidup berparasit di pohon besar di  gunung cikuray, dan di cikuraypun masih banyak dihuni oleh burung burung yang beraneka ragam jenisnya, mereka pun tak malu untuk hinggap didekat tenda yang kami dirikan, waah benar benar indonesia kaya akan flora dan fauna nya deh
kantong semar diambil pada tahun 2010


kami sempat diguyur hujan kala merayap menuju puncak nya,tapi sedikitpun tak menyurutkan semangat kami untuk terus melangkah,hingga akhirnya kami gapai puncak cikuray yang diatasnya masih berdiri kokoh sebuah bangunan yang dulu digunakan untuk radio pemancar.Tak pelak lagi tempat tersebut menjadi tempat yang lumayan aman untuk bermalam.minimal sedikit melindungi dari terpaan angin,Dari puncak  cikuray tampak gagah gugusan gunung ciremei,slamet,dan masih banyak lagi.. semakin menambah keindahan panorama puncak cikurai deh

latar belakang bangunan di puncak cikuray
pemandangan pagi hari dipuncak



























bunga pun bermekaran di kaki cikuray





No comments:

Post a Comment