Wednesday, February 20, 2013

JPers 9th anniversary 19-20 jan 2013

 
Berawal dari undangan di salah satu social media,gw pun bertekad untuk  turut berpartisipasi diacara ulang tahun jejak petualang komunity, walau gw ga ada barengannya,sok PD ajah, yang penting ikut heppi.walhasil gw pun jadi rada kelimpungan cari perlengkapan ngecamp,yang biasanya gw tinggal tidur kini gw harus cari pinjeman tenda,juga alat masak…jiaaahhh super rempong deh rasanya.. pas tenda dah dapat, alat masak juga dah dapat..lengkap lah peralatan ngecamp gw..yukss capcuss..

Untung nya meeting point bagi peserta dari jakarta ditempatkan di Uki,gw pun bisa dengan santainya datang ke lokasi, ternyata ketika sampai di lokasi,banyak muka muka yang sangat familiar,siapa lagi kalo bukan teman teman sependakian juga…tapi walau bertemu mereka bukan berarti gw satu tim dengan mereka ,tetap gw dengan tenda yang gw bawa,alat masak yang gw bawa dan dengan dunia yang gw bawa…hahaha  
Perjalanan dari Jakarta menuju ke ranca upas  hanya memakan waktu 3 jam,cepat juga kaan…jam 1 dini hari mobil yang gw tumpangi pun sampai di lokasi acara…eng ing eng..tibalah saat gw mendirikan tenda,wuaaa…yockeeee…hahahaha secara gw seringnya tinggal numpang tidur doang di tenda temen gw yocke,dasar kaga modal kan gw :p

 

 setelah tenda berdiri gw pun menikmati istana kecil yang baru gw bangun tersebut,nyenyak banget tidur gw,pas pagi harinya mulai lah panita dari hut jpers melancarkan susunan acara mereka, well..kesan yang gw tangkap,acara nya fun dan seru.setelah acara beramah tamah kami pun diajak ketempat  observasi owa jawa,
Owa jawa adalah salah satu spesies  langka didunia, Owa jawa tidak memiliki ekor, dan tangannya relatif panjang dibandingkan dengan besar tubuhnya. Tangan yang panjang ini diperlukannya untuk berayun dan berpindah di antara dahan-dahan dan ranting di tajuk  pohon yang tinggi, tempatnya beraktifitas sehari-hari. Warna tubuhnya keabu-abuan, dengan sisi atas kepala lebih gelap dan wajah kehitaman. Sewaktu gw dan kawan kawan dr jpers melihat lihat kandang owa jawa,langsung disambut dengan adegan mereka buang air, dan gw baru tau kalo ternyata itu salah satu tanda kalo mereka stress..
Ancaman kepunahan terutama datang dari hilangnya habitat akibat pembukaan hutan untuk berbagai keperluan. Di samping itu, anak-anak owa kerap ditangkapi (jika perlu dengan membunuh induknya lebih dulu) untuk diperjual belikan di pasar gelap sebagai  hewan timangan bergengsi.phewww…manusia kejam banget 

pintu masuk ke tempat rehabilitasi primata



Setelah puas melihat lihat aktifitas owa jawa, kami diajak untuk lintas hutan,gw ga prepare sama sekali,dan saat itu gw mengenakan sandal ajah, waduuh…betapa tersiksanya gw,gw pun harus merelakan kaki  gw  terkena  ranting ranting berduri..hiks..dan kami pun mesti melewati rawa yang lumayan dalam,jiaahh..sangat diluar dugaan deh trekking nya..
trekking pun lanjut


Setelah puas barulah acara ramah tamah, acara dimeriahkan juga oleh para presenter jejak petualang salah satu acara tivi Jakarta,salah satunya mas tyo,dia sempat memberikan materi survival untuk kita, sayang hujan turun sangat lebatnya,peserta pun satu persatu meninggalkan lokasi.dan siapa yang tetap bertahan dialah yang dapat door prize, thanks ya jpers..untuk acara serunya and happy belated birthday..

stok makanan owa jawa
alat untuk meneliti feces owa
mas tyo sedang memberikan materi survival

makanan owa jawa harus sehat


No comments:

Post a Comment